Cara Sederhana Memutihkan Gigi

Cara Sederhana Memutihkan Gigi

Pada 2015, orang Amerika sendiri menghabiskan lebih dari $ 11 miliar untuk pemutihan gigi, termasuk lebih dari $ 1,4 miliar pada produk pemutih di rumah (1). 

Ada banyak produk yang bisa dipilih saat memutihkan gigi Anda.Namun, sebagian besar produk pemutih menggunakan bahan kimia untuk memutihkan gigi Anda, yang menyangkut banyak orang.Jika Anda menginginkan gigi yang lebih putih, tetapi juga ingin menghindari bahan kimia, maka artikel ini mencantumkan banyak pilihan yang alami dan aman. 

Apa Penyebab Gigi Tampak Kuning?Ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi menjadi kusam dan kehilangan kilauan putih terang.Makanan tertentu dapat mewarnai email Anda, yang merupakan lapisan terluar gigi Anda. Selain itu, penumpukan plak pada gigi Anda dapat menyebabkan mereka terlihat kuning.Jenis perubahan warna ini biasanya dapat diobati dengan pembersihan dan pemutihan biasa.Namun, terkadang gigi terlihat kuning karena email keras telah terkikis, menunjukkan dentin di bawahnya. Dentin adalah jaringan kuning alami yang terletak di bawah email.Berikut adalah 7 cara sederhana yang dapat Anda alami untuk memutihkan gigi Anda.

1. Minyak Kelapa 

Penarikan minyak adalah obat tradisional India tradisional yang dimaksudkan untuk meningkatkan kebersihan mulut dan membuang racun dari tubuh.Latihan ini melibatkan mengais minyak di sekitar mulut Anda untuk menghilangkan bakteri, yang dapat berubah menjadi plak dan menyebabkan gigi Anda terlihat kuning (2).

 Secara tradisional, orang India menggunakan minyak bunga matahari atau wijen untuk menarik minyak, tetapi minyak apa pun akan bekerja.Minyak kelapa adalah pilihan yang populer karena memiliki rasa yang menyenangkan dan menawarkan banyak manfaat kesehatan tambahan. Minyak kelapa juga tinggi asam laurat, yang dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri (3, 4, 5, 6). 

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menarik minyak setiap hari secara efektif mengurangi bakteri di mulut, bersama dengan plak dan gingivitis (3, 7, 8).Streptococcus mutans adalah salah satu jenis utama bakteri di mulut yang menyebabkan plak dan gingivitis. Satu studi menemukan bahwa menghirup setiap hari dengan minyak wijen secara signifikan mengurangi Streptococcus mutans dalam air liur hanya dalam satu minggu (8). 

Sayangnya, tidak ada penelitian ilmiah untuk membuktikan bahwa minyak menarik memutihkan gigi Anda. Namun, ini adalah praktik yang aman dan pasti patut dicoba. Banyak orang mengklaim gigi mereka lebih putih dan lebih cerah setelah penarikan minyak secara teratur.Untuk menarik minyak, masukkan 1 sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut Anda dan dorong dan tarik minyak melalui gigi Anda. Minyak kelapa padat pada suhu kamar, jadi Anda mungkin perlu menunggu beberapa detik agar meleleh. Lanjutkan minyak menarik selama 15-20 menit penuh.Pastikan untuk meludahkan minyak kelapa ke toilet atau tempat sampah, karena bisa kembali ke bentuk padat sekali di pipa saluran pembuangan Anda dan menyebabkan sumbatan.Tidak seperti banyak metode pemutihan gigi lainnya, minyak kelapa menarik tidak mengekspos gigi Anda ke asam atau bahan lain yang mengikis email. Ini berarti aman untuk dilakukan setiap hari.


2. Baking Soda
 Soda kue memiliki sifat pemutih alami, itulah mengapa bahan ini populer dalam pasta gigi komersial.Ini adalah abrasif ringan yang dapat membantu membersihkan noda permukaan pada gigi.Selain itu, baking soda menciptakan lingkungan basa di mulut Anda, yang mencegah bakteri berkembang (9).Ini bukan obat yang akan memutihkan gigi Anda semalaman, tetapi Anda harus memperhatikan perbedaan dalam tampilan gigi Anda dari waktu ke waktu.

 Ilmu pengetahuan belum membuktikan bahwa menyikat dengan soda kue polos akan memutihkan gigi Anda, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi dengan baking soda memiliki efek pemutihan yang signifikan.Sebuah penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda secara signifikan lebih efektif untuk menghilangkan noda kuning dari gigi daripada pasta gigi standar tanpa soda kue. Semakin tinggi konsentrasi baking soda, semakin besar efeknya (10).

 Selanjutnya, review dari lima studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda menghilangkan plak dari gigi lebih efektif daripada pasta gigi non-baking soda (11).Untuk menggunakan obat ini, campurkan 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air dan sikat gigi dengan pasta. Anda dapat melakukan ini beberapa kali dalam seminggu.

3. Hidrogen Peroksida

 Hidrogen peroksida adalah bahan pemutih alami yang juga membunuh bakteri di mulut Anda (12).Bahkan, orang telah menggunakan hidrogen peroksida selama bertahun-tahun untuk mendesinfeksi luka karena kemampuannya untuk membunuh bakteri.Banyak produk pemutih komersial mengandung hidrogen peroksida, meskipun pada konsentrasi yang jauh lebih tinggi dari yang akan Anda gunakan.Sayangnya, tidak ada penelitian yang menunjukkan efek berkumur atau menyikat dengan hidrogen peroksida saja, tetapi beberapa penelitian telah menganalisis pasta gigi komersial yang mengandung peroksida.Satu studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda dan 1% hidrogen peroksida menyebabkan gigi yang lebih putih (13).

 Studi lain menemukan bahwa menyikat gigi dengan pasta gigi komersial yang mengandung baking soda dan peroksida dua kali sehari menyebabkan 62% gigi lebih putih dalam enam minggu (14).Namun, ada beberapa pertanyaan mengenai keamanan hidrogen peroksida.Sementara konsentrasi yang sangat encer tampak aman, konsentrasi yang kuat atau berlebihan dapat menyebabkan iritasi gusi dan sensitivitas gigi. Ada juga kekhawatiran bahwa dosis tinggi dapat menyebabkan kanker, tetapi ini belum terbukti (15, 16, 17, 18, 19).Salah satu cara menggunakan hidrogen peroksida adalah sebagai obat kumur sebelum Anda menyikat gigi. Pastikan Anda menggunakan solusi 1,5% atau 3% untuk menghindari efek samping.Konsentrasi hidrogen peroksida yang paling umum di apotek adalah larutan 3%. Anda dapat dengan mudah mencairkan konsentrasi ini menjadi 1,5% dengan mencampur bagian peroksida dan air yang sama.

 Cara lain untuk menggunakan hidrogen peroksida adalah dengan mencampurnya dengan soda kue untuk membuat pasta gigi. Campurkan 2 sendok teh hidrogen peroksida dengan 1 sendok teh soda kue dan sikat gigi dengan lembut dengan campuran tersebut.Batasi penggunaan pasta buatan sendiri ini beberapa kali per minggu, karena penggunaan berlebihan dapat mengikis email gigi Anda. 

4. Cuka

Cuka sari apel telah digunakan selama berabad-abad sebagai produk pembersih desinfektan dan alami.

Asam asetat, yang merupakan bahan aktif utama dalam cuka sari apel, secara efektif membunuh bakteri. Sifat antibakteri cuka adalah apa yang membuatnya bermanfaat untuk membersihkan mulut dan memutihkan gigi Anda (20, 21, 22, 23).

Satu penelitian yang dilakukan pada gigi sapi menemukan bahwa cuka sari apel memang memiliki efek pemutihan pada gigi. Namun, mereka juga menemukan bahwa cuka dapat melunakkan gigi (24).

Asam asetat dalam cuka berpotensi mengikis email gigi Anda. Untuk alasan ini, Anda tidak harus menggunakan cuka sari apel setiap hari. Anda juga harus membatasi jumlah waktu cuka sari apel bersentuhan dengan gigi Anda (25).

Untuk menggunakannya sebagai obat kumur, encerkan dengan air dan desas-desus di sekitar mulut Anda selama beberapa menit. Pastikan untuk berkumur dengan air putih setelahnya.


5. Buah dan Sayuran
 Diet tinggi buah dan sayuran mungkin baik untuk tubuh dan gigi Anda.Meskipun mereka bukan pengganti untuk menyikat gigi, buah-buahan dan sayuran mentah yang renyah dapat membantu menggosok plak saat Anda mengunyah.Secara khusus, stroberi dan nanas adalah dua buah yang telah diklaim dapat membantu memutihkan gigi Anda.

StroberiMemutihkan gigi dengan campuran stroberi dan baking soda adalah obat alami yang telah dibuat populer oleh para selebriti.Pendukung metode ini mengklaim bahwa asam malat yang ditemukan dalam stroberi akan menghilangkan perubahan warna pada gigi Anda, sementara soda kue akan menghalau noda.Namun, obat ini belum sepenuhnya didukung oleh sains.Sementara stroberi dapat membantu mengelupas gigi Anda dan membuatnya tampak lebih putih, mereka tidak mungkin menembus noda pada gigi Anda.Sebuah penelitian baru menemukan bahwa campuran stroberi dan soda kue menghasilkan sedikit perubahan warna pada gigi, dibandingkan dengan produk pemutih komersial (26).Jika Anda memutuskan untuk mencoba metode ini, batasi penggunaannya untuk beberapa kali per minggu.Meskipun penelitian menunjukkan bahwa pasta stroberi dan baking soda memiliki efek minimal pada email gigi, penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan (27, 28).Untuk menggunakan obat ini, taburkan stroberi segar, kombinasikan dengan soda kue dan sikat campuran pada gigi Anda.


NanasBeberapa mengklaim bahwa nanas dapat memutihkan gigi.Sebuah penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung bromelain, enzim yang ditemukan dalam nanas, secara signifikan lebih efektif dalam menghilangkan noda gigi daripada pasta gigi standar (29).Namun, tidak ada bukti bahwa memakan nanas menghasilkan efek yang sama.


6. Cegah Noda Gigi Sebelum Terjadi
 Gigi Anda berwarna kuning alami seiring pertambahan usia, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah noda pada gigi Anda.Batasi Makanan dan Minuman PewarnaanKopi, anggur merah, soda, dan buah berry gelap terkenal karena pewarnaan gigi.Itu tidak berarti Anda harus benar-benar menghindarinya, tetapi Anda harus membatasi jumlah waktu zat-zat ini bersentuhan dengan gigi Anda.Jika memungkinkan, minumlah minuman yang diketahui menodai gigi dari sedotan untuk mencegah kontak langsung dengan gigi Anda.Selain itu, gosok gigi segera setelah mengkonsumsi salah satu makanan atau minuman ini untuk membatasi efeknya pada warna gigi Anda.Selain itu, hindari merokok dan mengunyah tembakau, keduanya dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.Batasi Gula dalam Diet AndaJika Anda menginginkan gigi lebih putih, kurangi asupan gula Anda.Diet tinggi gula mendukung pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans, tipe utama bakteri yang menyebabkan plak dan gingivitis (30, 31).Saat Anda mengonsumsi makanan manis, sikat gigi Anda segera setelah Anda makan.Dapatkan Banyak Kalsium dalam Diet AndaBeberapa perubahan warna gigi disebabkan oleh email mengikis dan mengekspos dentin di bawahnya, yang berwarna kuning. Oleh karena itu, apa pun yang Anda lakukan untuk memperkuat enamel gigi Anda akan membantu menjaga gigi Anda tetap putih seperti mutiara.Makanan kaya kalsium, seperti susu, keju, dan brokoli, dapat membantu melindungi gigi Anda dari erosi email (32).

7. Jangan Meremehkan Nilai Penyikatan dan Flossing

Sementara beberapa perubahan warna gigi terjadi secara alami seiring bertambahnya usia, itu sebagian besar merupakan hasil dari penumpukan plak.

Menyikat gigi secara teratur dan flossing dapat membantu gigi Anda tetap putih dengan mengurangi bakteri di mulut Anda dan mencegah penumpukan plak.

Pasta gigi dengan lembut menggosok noda pada gigi Anda, dan flossing menghilangkan bakteri yang menyebabkan plak.

Pembersihan gigi secara teratur juga dapat membantu gigi Anda tetap bersih dan putih.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelebihan Aplikasi Musik Download Gratis

Music ialah sebuah karya seni yang diaplikasikan oleh pemusik untuk menyatakan apa yang mereka rasakan. Tak sedikit music yang yakni ...