Cara Mengatasi Android Yang Lemot

Cara Mengatasi Android Yang Lemot

Sangat menyebalkan untuk menjatuhkan beberapa ratus dolar pada smartphone kelas atas hanya untuk menemukan bahwa kinerja yang halus dan cepat yang Anda harapkan tetap sulit dipahami. 
Apalagi saat untuk lagu terbaru, Mid-rangers dan akhir anggaran pasar bahkan lebih rentan terhadap gagap dan lag. Ada berbagai cara untuk mempercepat kinerja Android, dan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya terasa lebih cepat.

Update Pembaharuan

 
Perangkat lunak terbaru sering kali berisi perbaikan bug dan perbaikan umum dan dapat membantu perangkat Android Anda berjalan lebih baik. Pembaruan perangkat lunak cenderung datang OTA (Over The Air) dan Anda harus secara otomatis diminta untuk menginstalnya, tetapi tidak ada salahnya untuk memeriksanya. Buka Pengaturan> Tentang perangkat> Pembaruan perangkat lunak dan periksa pembaruan.Logika yang sama berlaku untuk aplikasi, jadi jalankan Play Store, buka menu di kiri atas dan ketuk Aplikasi saya dan pastikan semua aplikasi yang Anda gunakan sudah diperbarui.


Bersihkan Home Screen Anda

 
Jika Anda memilih untuk menggunakan wallpaper hidup, pertimbangkan untuk menggantinya dengan gambar statis yang bagus. Anda juga harus membersihkan ikon yang tidak digunakan dan membatasi widget Anda ke hal-hal penting. Semakin sedikit layar rumah Anda berantakan, semakin baik dalam hal kinerja.


Copot dan nonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan

 
Anda tidak ingin mengizinkan aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan untuk mengambil ruang di perangkat Anda dan berpotensi memakan sumber daya sistem. Buka Pengaturan> Aplikasi dan geser ke atas ke Semua tab. Perhatikan baik-baik daftar dan identifikasi aplikasi yang tidak Anda inginkan atau butuhkan. Jika Anda ragu tentang apa yang mereka lakukan, inilah saatnya untuk menekan Google dan memeriksanya.Ketuk aplikasi apa pun yang tidak Anda inginkan, lalu pilih Copot pemasangan atau, jika opsi tidak ada di sana untuk mencopot pemasangan, ketuk Nonaktifkan. Aplikasi yang dinonaktifkan akan dicantumkan di tab baru, jadi Anda selalu dapat mengaktifkannya lagi di masa mendatang jika Anda berubah pikiran.Anda juga harus melihat Pengaturan> Aplikasi di tab Berjalan. Beberapa aplikasi ingin berjalan sepanjang waktu dan mereka dapat berdampak serius pada kinerja. Pikirkan baik-baik apakah Anda membutuhkan apa yang terdaftar di sana.


Matikan atau kurangi animasi

 
Anda dapat membuat perangkat Android Anda terasa lebih snappier dengan mengurangi atau mematikan beberapa animasi. Anda harus mengaktifkan opsi Pengembang untuk melakukan ini. Buka Pengaturan> Tentang telepon dan gulir ke bawah ke bagian Sistem untuk mencari nomor Bangun. Ketuk tujuh kali dan Anda akan melihat pesan tentang menjadi seorang pengembang. Anda sekarang dapat kembali ke menu sebelumnya dan Anda akan melihat opsi Pengembang terdaftar di bawah Sistem. Kepala di sana dan gulir ke bawah untuk menemukan skala animasi Window, skala animasi Transisi, dan skala durasi Animator. Ketuk satu per satu dan atur ke 0,5x atau nonaktif. Pilih opsi dan cari tahu apa yang cocok untuk Anda, jika Anda tidak suka, kembali saja dan ubah nilainya lagi.


Hapus data aplikasi yang disimpan dalam cache

 
Data cache untuk aplikasi akan membantu mereka memuat lebih cepat, tetapi dapat bertambah seiring waktu untuk mengambil cukup banyak ruang dan kemungkinan akan ada data cache di sana untuk aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan. Terkadang membersihkan data cache untuk aplikasi juga dapat membantu membersihkan perilaku bersisik.Jika Anda ingin memilih aplikasi individual, buka Pengaturan> Aplikasi dan geser ke atas tab Semua dan ketuk aplikasi yang relevan, lalu pilih Hapus cache. Jika Anda memutuskan untuk menghapus semuanya, buka Pengaturan> Penyimpanan dan ketuk Data cache, lalu ketuk OK. Juga, periksa CCleaner, membersihkan cache aplikasi Anda dan membantu melakukan pemeliharaan semacam ini. 

Matikan atau kurangi sinkronisasi otomatis
 
Sebagian besar dari kita akhirnya menambahkan daftar akun yang berbeda ke perangkat Android kami dan kami memungkinkan mereka untuk secara otomatis melakukan sinkronisasi di latar belakang untuk menarik data baru dan memberi kami pembaruan. Semua sinkronisasi ini memiliki dampak besar pada kinerja, belum lagi daya tahan baterai.Anda bisa pergi ke Pengaturan dan menemukan Sinkronisasi otomatis di bawah Akun dan matikan saja semuanya, tetapi itu akan terlalu drastis bagi kebanyakan orang. Alih-alih, mengapa tidak hanya mengurangi frekuensi sinkronisasi dan menghapus akun apa pun yang sebenarnya tidak Anda perlukan? Untuk banyak aplikasi, seperti Facebook, Anda harus membuka aplikasi dan menemukan pengaturan untuk mengurangi frekuensi sinkronisasi.


Hapus partisi cache

 Partisi cache terpisah dari cache data aplikasi Anda dan berisi file-file sementara. Sebaiknya bersihkan ini setiap sesekali. Anda harus boot ke mode pemulihan untuk melakukannya. Metode memasuki mode pemulihan bervariasi bergantung pada perangkat Anda, tetapi Anda akan menemukannya dengan mudah dengan penelusuran Google yang cepat. Setelah dalam mode pemulihan, Anda menggunakan tombol volume untuk menavigasi dan tombol daya untuk memilih item. Anda akan ingin memilih menghapus partisi cache.

Coba peluncur pihak ketiga (Launcher)

 
Beberapa kustomisasi yang dibuat OEM untuk perangkat mereka bisa sangat berat. Jika Anda ingin mengubah nuansa menavigasi di sekitar, dan menyesuaikan beberapa pengaturan untuk membuatnya terasa cepat


Lakukan pengaturan ulang pabrik

Ini adalah langkah drastis, tetapi beberapa orang menyarankan Anda melakukan pengaturan ulang pabrik secara berkala jika Anda ingin perangkat Anda berjalan dalam kondisi prima. Ini adalah cara pintas untuk membersihkan perangkat Anda dan menyingkirkan sampah apa pun yang telah Anda kumpulkan, tetapi itu berarti menghapus semua data dan pengaturan. Jika Anda memutuskan untuk mencobanya, pastikan Anda mencadangkan semua yang penting bagi Anda terlebih dahulu. Anda dapat menemukan opsi untuk melakukannya di Pengaturan> Cadangkan & setel ulang> Reset data pabrik.

Overclock perangkat Anda

Salah satu alasan Anda akan melihat perbedaan dalam kinerja antara perangkat Android dengan prosesor yang pada dasarnya sama, adalah bahwa beberapa batasan kecepatan OEM untuk mengurangi panas dan memperpanjang masa pakai baterai. Jika Anda bersedia untuk melakukan root pada perangkat Android Anda, maka Anda dapat melakukan overclock menggunakan aplikasi seperti SetCPU atau Android Overclock. Sangat bijaksana untuk melanjutkan dengan hati-hati jika Anda memutuskan untuk melakukan ini.

Instal ROM khusus

Rooting perangkat Android Anda tidak secara otomatis menawarkan peningkatan kinerja apa pun, tetapi dapat dilakukan oleh ROM khusus. Untuk beberapa perangkat yang tidak lagi diperbarui ROM khusus adalah cara mendapatkan versi Android yang lebih baru. Anda juga dapat menemukan ROM khusus yang menggunakan bloatware sepenuhnya dan menawarkan beberapa tweak dan modifikasi yang menarik. Anda perlu melakukan penelitian untuk menemukan ROM khusus yang tepat untuk Anda.

Kami telah mencapai akhir dari trik kami untuk membuat Android Anda berjalan lebih cepat, tetapi kami ingin mendengar saran Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelebihan Aplikasi Musik Download Gratis

Music ialah sebuah karya seni yang diaplikasikan oleh pemusik untuk menyatakan apa yang mereka rasakan. Tak sedikit music yang yakni ...